Friday, October 15, 2010

Tips Untuk Mahasiswa

1.Berprestasi di Awal Semester
Buatlah prestasi akademik pada semester pertama. Awal yang baik bisa menjadi pemicu uintuk terus berprestasi di semester-semester berikutnya. Yaaa, itung-itung tabungan IP kalo-kalo di semester berikutnya dapet IP jelek. Hehehe...
2.Selektif Memilih Teman

Wira Dharma
Kemandirian di perguruan tinggi membuat pergaulan sesama mahasiswa cenderung bersifat individualistis. Apalagi kalo kuliahnya tidak memerlukan kelompok, seperti praktikum misalnya. Teman diperlukan untuk belajar, berdiskusi, mengerjakan tugas-tugas kuliah, atau mendapatkan informasi. Karena teman memberikan pengaruh yang cukup besar, maka pilihlah teman yang cocok dan bisa menunjang studimu. (So… cari temen yang tajir, baik dan pinter).

3.Kenali Seniormu

Rizky Kustiani Dalam Sidang
Bersikap baik dan sopanlah terhadap senior. Bukan berarti senior-senior itu gila hormat. Mereka akan lebih bersimpati jika kamu bisa menghargai mereka. Gunanya agar kamu mudah memperoleh pinjaman buku plus soal-soal ujian tahun lalu. Di samping itu kamu bisa mendapatkan berbagai informasi, baik itu tentang dosen, mata kuliah, dan banyak hal lainnya yang berhubungan dengan kuliah. (Hehehe.. pengalaman pribadi)

4.Manfaatkan Perpustakaan
Sering-seringlah mengunjungi perpustakaan. Perpustakaan adalah gudangnya ilmu dan informasi. Apalagi kalau kamu bisa meminjam buku-buku kuliah dari situ. Lumayan, kan untuk menghemat uangmu!.
5.Jangan Jadi Mahasiswa Pasif
Setelah menjadi mahasiswa, hindarilah rutinitas : kampus – kantin – rental PS - kost/ rumah. Ikutilah aktivitas-aktivitas di luar jadwal kuliahmu. Di perguruan tinggi ada begitu banyak kegiatan yang bisa kamu ikuti. Mulai dari kegiatan keagamaan, olah raga, fotografi, pencinta alam, teater. Pilihlah organisasi yang sesuai dan cocok dengan minat dan bakatmu. Lebih bagus kalau orgnisasi itu bisa menunjang studimu.

6.Mengatur Waktu
Kebebasan yang kamu dapat di perguruan tinggi membuat kamu berhak mengatur studimu sendiri. Apakah mau diselesaikan dengan cepat, sedang atau bahkan lambat. Tapi ingat, masing-masing universitas memiliki batas waktu studi maksimum. Maka pandai-pandailah mengatur waktu antara kuliah dengan kegiatan-kegiatan ekstern. Sempatkan waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas di sela-sela kegiatanmu. Jangan pernah menerapkan SKS (Sistem Kebut Semalam) ketika menghadapi ujian. Selain hasilnya tidak maksimal, cuma akan mengganggu kesehatan saja (kecuali terpaksa.. hehehe).

7.Jangan Ketinggalan Informasi
Informasi sangat penting bagi seorang mahasiswa. Apakah itu informasi tentang jadwal kuliah, kegiatan-kegiatan kampus, beasiswa, jadwal pengisian KRS.

8.Jaga Kesehatan
Kesehatan sangat mempengaruhi prestasi belajar. Gangguan kesehatan akan menyebabkan turunnya kemampuan belajar yang selanjutnya membuat prestasimu merosot. Bahkan yang lebih buruk bisa menggagalkan studimu di tengah jalan.Aturlah kapan waktunya kamu makan, kapan belajar, kapan istirahat, kapan berolah raga (dan kapan harus pacaran.. hua ha ha). Setelah kamu tetapkan, maka laksanakanlah dengan disiplin.

9.Pertahankan Motivasi
Sering seorang mahasiswa merasa tidak mampu mengikuti kuliah tertentu padahal ia belum mencobanya. Akibat keyakinan yang telah ditanamkannya itu maka ia gagal dalam mata kuliah yang bersangkutan. Untuk meraih prestasi yng baik, maka harus ditanamkam motivasi dan keyakinan diri yang kuat di dalam diri bahwa kamu sanggup mengikuti kuliah itu. Dengan demikian setiap permasalahan yang timbul dalam perkuliahan dapat kamu atasi dan kamu pun lebih bersemangat kuliah. (Widiih.. mantab bro).

No comments:

Post a Comment