Tuesday, June 21, 2011

Google Digitalisasi 250 Ribu Buku Bersejarah

Jakarta - Bekerja sama dengan perpustakaan British Library yang berbasis di Inggris, Google membesut proyek digitalisasi ribuan buku. Tak kurang dari 250 ribu buku koleksi perpustakaan itu akan digitalisasi dan bakal tersedia untuk diakses gratis via Google Books.

Secara keseluruhan, koleksi buku milik British Library mencapai sekitar 1 juta buah. Jadi, jumlah yang digitalisasi mencapai seperempatnya. Perpustakaan ini memang berniat mendigitalisasi buku-buku pentingnya.

Biaya digitalisasi ditanggung penuh oleh Google. Buku yang bakal dibawa ke Goole Books berasal dari tahun 1700 sampai 1870. Tidak hanya buku, ada juga majalah dan pamflet. Total sebanyak 40 juta halaman di-scan dalam proyek ini.

Temanya pun beragam dan mencatat kejadian penting dalam sejarah Inggris dan Eropa. Misalnya soal perang Battle of Trafalgar, Crimean War sampai penemuan teknologi seperti rel kereta api atau telegrap.

Dikutip detikINET dari Inquirer, Selasa (21/62011), tujuan digitalisasi buku adalah untuk memudahkan akses pada masyarakat banyak ataupun kalangan peneliti. Google sendiri memang terus berniat menambahkan koleksi ke Google Books.

No comments:

Post a Comment